SEO On Page Dan SEO Off Page
seo
on page dan seo off page – pasti anda pernah mendengar istilah seo (
Search
Engine Optimation ),
seo adalah cara untuk mengoptimalkan visibilitas blog dimata search engine dengan tujuan untuk menaikkan traffic dan page ranking blog tersebut.
seo adalah cara untuk mengoptimalkan visibilitas blog dimata search engine dengan tujuan untuk menaikkan traffic dan page ranking blog tersebut.
Secara umum optimasi seo
dikelompokkan menjadi 2 yaitu : seo on
page dan seo off page
keduanya memiliki perbedaan dan cara penerapan yang jauh berbeda.
keduanya memiliki perbedaan dan cara penerapan yang jauh berbeda.
Kali
ini saya akan mengulas secara rinci mengenai seo on page dan seo off page sebagai
berikut :
Seo On Page
Seperti istilahnya, SEO on page merupakan nilai kualitas SEO yang berasal dari blog itu sendiri.
Saat
mengevaluasi sebuah situs, mesin pencari akan melihat dari on page ( hal-hal
mengenai blog Anda ) dan off page ( seberapa populer blog Anda ).
Sederhananya,
kategori peringkat Anda ditentukan oleh faktor on page dan seberapa tinggi
peringkat Anda dalam mesin pencari ditentukan oleh faktor off page.
Ada
beberapa faktor yang memengaruhi kualitas seo on page dimata google , antara
lain :
1. Url Domain
Url
adalah element yang paling mendasar dalam membuat suatu blog.
sebelum
membuat sebuah blog penting untuk menganalisa terlebih dahulu blog yang
akan dibangun. Kemudian tujuan blog harus sudah jelas arahnya
sesuai dengan URL Domain yang telah ditetapkan.
url
juga berperan penting dalam peningkatan keyword, perlu diperhatikan url yang
baik adalah url sesuai dengan target keyword, jika sudah sesuai dengan target
keyword maka anda sudah siap untuk berkompetisi dengan lebih mudah pada keyword
tersebut.
Hindari
untuk menggunakan domain dengan tanda Hyphens( - ) dan hindari penggunaan angka
di dalam URL Domain.
Salah
satu contoh, blog ini memiliki URL Domain ngeeweb.id, maka secara tidak
langsung saya sudah ikut berkompetisi dalam membangun atau meningkatkan keyword
: ngee, web, dan ngeeweb.
2. Judul blog
Judul blog dapat menjadi tempat
terbaik untuk menempatkan kata kunci untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin
pencarian.
Jika anda menginginkan blog yang
mudah ditemukan dan sesuai dengan relevansi artikel anda, maka buatlah judul
blog sesuai dengan niche artikel.
Contohnya jika anda ingin membuat blog dengan niche download lagu maka buatlah blog dengan judul download lagu atau
kumpulan lagu, dengan begitu blog anda akan lebih mudah berkompetisi dengan web
lain dengan niche yang sama.
namun judul blog tidak harus panjang seperti artikel yang dibahas, anda bisa
juga menggunakan judul blog yang tidak sesuai, namun anda harus kuat dari
sisi optimasi seo yang lain
3. Template
blog yang bagus haruslah menggunakan
template yang bagus pula, penggunaan template yang bagus dan seo friendly akan
meningkatkan kualitas suatu webiste dimata google selain itu template yang
bagus juga akan mendatangkan kenyamanan kepada pengunjung agar tetap betah
membaca artikel di blog anda.
perlu diperhatikan penggunaan template haruslah sesuai dengan niche blog
artikel itu sendiri, template yang bagus haruslah mengedepankan
kenyamanan para
pengunjungnya dengan tidak menggunakan tulisan dan latar tulisan yang
tidak
sesuai di mata pembacanya.
ada beberapa faktor yang menjadi pendukung kualitas seo open page pada
template, diantaranya :
- Meta Tag
meta tag berfungsi untuk
memberikan informasi penting mengenai blog anda yang akan membantu mempermudah
robot search engine untuk menganalisa semua atau seluruh konten atau artikel
dalam sebuah blog, sehingga proses Crawling dan index ke mesin pencari jadi
lebih cepat.
ada beberapa macam meta
tag, antara lain :
meta tag description, meta tag keyword, meta tag robots, meta content Type, meta league, tag geo placename, meta author dan lain lain.
Kesimpulan
meta tag description, meta tag keyword, meta tag robots, meta content Type, meta league, tag geo placename, meta author dan lain lain.
- Responsive
Maksudnya adalah templete tersebut mampu
menyesuaikan tampilannya terhadap banyak
ukuran layar. jadi baik dilihat dari
layar desktop maupun dari layar smartphone tampilan blog anda akan tetap bagus.
Google sudah menerapkan alogaritma
mobilegeddon, maksudnya tampilan yang mobilefriendly akan lebih di utamakan di hasil
pencarian jika di akses melalui browser mobile.
melihat fakta bahwa jaman sekarang orang
yang mengakses internet dari smartphonelebih banyak daripada komputer maka saya
rasa tampilan template responsive ini wajibhukumnya.
- Tag Heading H1 - H3
Search Engine akan membaca halaman blog secara
keseluruhan dimulai dari kiri atas sampai kanan bawah. Maka dari itu penting
untuk menempatkan Tag H1 pada kalimat pertama pada konten blog.
Penggunaan H1
( heading utama ) tidak boleh berlebihan, satu halaman cuma boleh mengandung
satu tag H1 saja. kenapa ? Karena Mesin Pencari membaca H1 sebagai judul. apa
yang di tulis di dalam tag tersebut akan dianggap yang paling mencolok dari keseluruhan
artikel.
selain H1 penting juga untuk menempatkan H2 dan H3
pada konten yang berada pada halaman tersebut. Seperti contoh blog ini
menempatkan H1 pada Tag Judul dan H2 pada Tag Judul Widget, atau pada
Subheading.
- Kecepatan Loading
Kecepatan suatu blog mempengaruhi kenyamanan
pengunjung, blog yang memiliki Loading yang lama akan membuat para calon
pengunjungnya lari dan akan lebih memilih blog yang memiliki loading yang
lebih cepat, kecuali artikel anda benar benar spesial.
Biasanya kecepatan suatu blog berbanding terbaling
dengan keindahan blog, karena Penggunaan java script dan css yang berlebihan
( untuk mempercantik tampilan blog )
akan Membuat blog anda semakin lambat.
Namun ada cukup banyak juga template yang tampilannya
indah tapi tetap ringan dan cepat loading page nya. Yang penting anda harus
pintar pintar memilih template yang cocok dengan blog anda dan yang pasti
seo friendly.
4. Deskripsi blog
Penggunaan deskripsi
pada suatu blog sangatlah penting, selain untuk memberikan gambaran mengenai
blog sehingga pengunjung dapat mengetahui dengan pasti isi dan konten yang
ada dalam blog, deskripsi pula dapat juga menjadi media yang baik untuk
menempatkan keyword untuk berkompetisi.
Namun perlu diingin
penggunaan keyword pada deskripsi tidak boleh berlebihan, selain akan dianggap
sebagai spam oleh search engine, deskripsi yang mengandung keyword yang
berlebihan akan membuat bingung para pembacanya
Deskripsi yang bagus
haruslah sesuai dengan isi atau pembahasan blognya, anda dapat menggunakan
keyword asalkan keyword yang anda masukkan relavan dengan blog anda
Dengan kata lain
sesuai dengan apa yang anda bahas dalam blog tersebut.
5. Internal Link
Seperti namanya
internal link merupakan link yang mengarah ke artikel lain namun masih mengarah
ke blog yang sama. Internal link sangatlah penting dikarenakan Internal Link
dapat membantu Search Engine menjelajahi seluruh halaman artikel dan membaca seluruh struktur blog anda. Struktur rapih membuat semua artikel anda akan terindeks dengan baik di Search Engine.
dapat membantu Search Engine menjelajahi seluruh halaman artikel dan membaca seluruh struktur blog anda. Struktur rapih membuat semua artikel anda akan terindeks dengan baik di Search Engine.
Namun perlu dipungkiri
pengunaan internal link haruslah tepat, tidak berlebihan dan mengarah ke
artikel yang relavan ( terkait ), internal link yang tidak relavan hanya akan
menjadi bumerang bagi anda karna akan dianggap sebagai spam.
Selain itu internal
link juga berguna untuk menurunkan Bounce Rate suatu blog.
Bounce rate adalah
besar kecilnya persentase pengunjung yang hanya membuka satu halaman pada
sebuah situs.
Dengan kata lain Jika
pengunjung datang ke sebuah halaman artikel lalu tidak melakukan aktifitas apa
apa lagi setelahnya, maka google akan menghitung dan menambahkan kunjungan tadi
sebagai ratio pentalan ( Bounce Rate ).
Bounce Rate yang
tinggi akan membuat artikel suatu blog akan di disingkirkan dari hasil
pencarian. Semakin kecil nilai bounce rate maka semakin besar tingkat
kepercayaan mesin pencari terhadap blog anda, sehingga secara otomatis dapat
mempengaruhi seo suatu blog.
Maka dari itu internal
link seperti artikel terkait , baca juga pada suatu artikel dapat
meningkatkan kualitas seo on page suatu webiste asalkan internal link tersebut
relavan atau artikel yang dituju sesuai dengan topik artikel yang bersangkutan
6. Sitemap
merupakan link yang
berisikan data tautan seluruh halaman yang ada di dalam blog.
selain untuk memberikan kemudahan bagi user untuk dapat mencari artikel yang diinginkan dengan mudah. Sitemap sangat berguna sebagai media dalam memberikan kemudahan Search Engine untuk mengindex setiap halaman blog.
selain untuk memberikan kemudahan bagi user untuk dapat mencari artikel yang diinginkan dengan mudah. Sitemap sangat berguna sebagai media dalam memberikan kemudahan Search Engine untuk mengindex setiap halaman blog.
7. Accelerated Mobile Pages ( AMP )
Amp Adalah salah satu dari
sekian banyak projek yang dijalankan oleh Google, dirilis pada tanggal 24
Februari 2016 dengan tujuan mempercepat kinerja suatu blog agar dapat
menampilkan setiap data dengan cepat.
Meskipun baru dirilis namun
efektivitas dengan adanya AMP membuat berbagai blog berlomba mengupdate
koding blog sesuai dengan standar AMP. Banyak sekali para SEO yang belum
mempercayai efek apabila blognya menggunakan AMP dapat meningkatkan ranking
di Search Engine Google.
Namun hal ini bisa
saja terjadi, karena AMP bukan saja dirancang untuk User Interface + Loading
saja tanpa ada efek ke SEO sebuah blog yang menggunakannya.
Seo Off Page
Kalau seo on page adalah nilai kualitas
seo dari dalam blog, kalau begitu seo off page adalah kebalikan dari seo on
page atau dengan kata lain nilai kulaitas seo dari luar blog atau mengacu pada
faktor faktor yang tidak berhubungan dengan halaman blog Anda.
maksud dari kualitas seo dari luar blog adalah seberapa terkenalnya blog anda. Baik di forum, sosial media dan layanan situs lainnya.
lantas apa apakah yang menjadi penentu tingginya kualitas seo off page suatu artikel, silahkan simak poin poinnya dibawah berikut :
maksud dari kualitas seo dari luar blog adalah seberapa terkenalnya blog anda. Baik di forum, sosial media dan layanan situs lainnya.
lantas apa apakah yang menjadi penentu tingginya kualitas seo off page suatu artikel, silahkan simak poin poinnya dibawah berikut :
1. Backlink
Backlink merupakan
salah satu SEO Off Page yang berpengaruh ke tingkatan PR ( Page Rank ), dan
peningkatan kata kunci yang diinginkan.
Pastikan backlink yang
akan anda bangun haruslah baik dan bukan Spamming, karena bila blog anda
melanggar ketentuan yang ada membuat blog anda akan terkena pinalti oleh
Search Engine ( Olgoritma - Google Penguin ).
Ada beberapa cara
membuat suatu backlink, antara lain :
Pyramid, Dummy Blog, Otomatis, Social Bookmark, Edu - Gov, Web 2.0, Forum, Blog
To Web ( 1 arah ), Blog To Blog ( 2 arah ), Blog Walking, Review, Web
Directory, Submitter, Iklan, dan cara lainnya yang sesuai dengan analisa dan
perhitungan yang telah dibuat.
Perlu anda ingat Link
dari blog populer tidak akan sama nilainya dengan link dari blog pemula. 1
backlink yang berkualitas akan lebih disukai oleh google dan seacrh engine
lainnya daripada 1000 backlink dari situs yang tidak jelas, backlink yang
disukai oleh google adalah backlink yang datang dari :
blog dengan domain
.edu atau .gov, blog yang sudah ada sejak lama, blog yang sesuai dengan
topik konten Anda, dan Authority blog yang merupakan blog besar yang
selalu muncul berdasarkan keyword Anda.
Selain itu ada
beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas suatu backlink dimata google,
diantaranya :
- Anchor Text
Anchor text merupakan
teks yang dijadikan hyperlink. Dalam meangaplikasikan off-page
SEO, ada baiknya Anda memberi keyword yang sesuai untuk link tersebut yang membantu mesin pencari untuk mengidentifikasi mengenai blog Anda dan mengetahui keyword yang akan diberi peringkat.
SEO, ada baiknya Anda memberi keyword yang sesuai untuk link tersebut yang membantu mesin pencari untuk mengidentifikasi mengenai blog Anda dan mengetahui keyword yang akan diberi peringkat.
Pastikan anchor text
yang digunakan menggambarkan isi konten dari link yang diberikan. Gunakan juga
anchor text yang bervariasi yang lebih disukai oleh algoritma terbaru dari Google.
- Inbound Link
Dalam menaikkan
peringkat blog Anda di mesin pencari, biasanya adalah dengan melihat
banyaknya link yang ditujukan ke blog Anda.
Penggunaan
hyperlink
yang ditujukan ke blog Anda dihitung sebagai suara dukungan bagi blog
Anda. Semakin banyak link menuju blog Anda, semakin banyak suara
dukungan
Anda di mata Google dan beberapa mesin pencari lainnya.
Ada baiknya pula jika link tersebut berasal dari berbagai domain berbeda.
Ada baiknya pula jika link tersebut berasal dari berbagai domain berbeda.
2. Sosial Media
Seperti yang anda
ketahui sekarang, di era serba cangih dan mudah ini hampir semua orang telah
menggunakan sosial media baik sebagai media bersosialisasi maupun bersenang senang.
Namun di samping itu anda
juga dapat menggunakan sosial media sebagai sarana untuk melakukan promosi yang
baik karna seperti yang anda ketahui hampir semua orang tak luput dari
penggunaan sosial media setiap harinya, baik itu facebook, instagram, twiter
dan sosial media lainnya
Meskipun link yang
Anda temukan di social media biasanya adalah no - follow links, bukan berarti
link tersebut tidak berharga. Mempromosikan brand Anda di jejaring sosial dapat
membantu menaikkan traffic yang cukup signifikan.
Fokuslah pada beberapa
sosial media yang sesuai dengan bisnis Anda sehingga Anda bisa berkonsentrasi
dengan pengikut Anda di sosial media tersebut.
3. Local Seo
Istilah local seo
mulai dikenal semenjak google merilis sebuah algoritma bernama google possum
pada tahun 2016, dengan adanya algoitma ini google memastikan hasil pencarian
lokal lebih bervariasi tergantung pada lokasi pencarian.
Contohnya: Lokasi anda
berada di Yogyakarta, kemudian anda mengetikkan kueri “Kontrakan Murah” pada
google, maka google secara otomatis akan memberikan hasil pencarian kontrakan
murah yang berada di wilayah Yogyakarta.
Dan untuk anda yang
ingin menggunakan Local SEO, gunakan Google Places for Business Page dan lengkapi semua informasi yang dibutuhkan serta
sinkronisasi dengan akun Google+ Anda.
4. Blog Walking ( Bw )
Seperti namanya, blog walking adalah jalan jalan atau
mengunjungi blog orang lain, namun bukan tanpa tujuan atau hanya melihat lihat blog
tersebut melainkan anda mengunjungi blog lain untuk mempromosikan blog anda
sendiri pada kolom komentarnya.
Dengan tujuan untuk
mendapatkan trafik dari pengunjung blog tersebut yang melihat blog anda pada
kolom komentarnya.
Selain itu url yang anda
berikan pada komentar blog lain, akan dihitung sebagai backling oleh google.
5. Lainnya ...
Selain 4 cara diatas,
terdapat beberapa cara lainnya untuk meningkatkan seo off page suatu blog.
Namun perlu anda ingat setelah google melakukan update pada algoritmanya cara
ini tak akan memberikan hasil yang optimal pada seo off page anda ( Metode Kuno
).
Meskipun begitu, tak
ada salahnya anda mecobanya agar seo off page anda semakin lengkap dan optimal
Adapun cara yang saya
maksudkan adalah :
- Mendaftarkan blog ke blog directory atau bertukar link sesama blog.
- Membuat Dummy blog, agar anda bisa dengan leluasa menempatkan link yang tertuju ke blog anda dalam sebuah artikel.
-
Mendaftarkan blog anda pada webmaster tools ( search engine ) dapat mempercepat Pengindexan artikel anda
-
Mengikuti forum sosial media seperti Reddit dan StumbleUpon akan memberikan hasil yang baik jika brand Anda menjadi viral, namun kesempatan ini sangat sulit untuk didapatkan.
Seperti yang kita
ketahui, nilai kulalitas seo suatu blog sangatlah berpengaruh terhadap
ranking di search engine. Apalagi setelah google merilis algoritma Google
Pigeon pada tahun 2014 yang mempengaruhi penelusuran, dimana faktor seo yang
digunakan untuk menentukan hasil di peringkat lokal.
Dan seperti pembahasan
diatas, bahwa optimasi seo terbagi menjadi 2 macam yaitu seo on page dan seo
off page. Keduanya sama sama penting dalam meningkatkan kualitas suatu blog di mata search engine terutama google.
Tapi manakah yang paling
penting, seo on page atau seo off page ?
perlu anda ketahui seo
on page dan seo off page sama sama penting dalam meningkatkan kualitas seo
suatu blog, Ini bukan tentang memilih antara SEO On-page dan Off-page. Hal
ini akan seperti memilih antara pondasi atau atap untuk memutuskan mana yang digunakan
untuk rumah Anda.
Namun, saya menyarankan
Anda untuk memperbaiki SEO On-page blog anda sebelum berfokus terlalu banyak
pada SEO Off-page. Sama seperti membangun rumah, Anda harus membuat pondasi
yang kuat terlebih dahulu sebelum membangun sisi-sisi rumah lainnya.
Akhir Kata
Demikianlah pembahasan
mengenai seo on page dan seo off page yang telah saya rangkum atau tulis ulang
dari beberapa sumber
dan terima kasih untuk
anda yang telah setia membaca artikel ini hingga akhir, tanpa kehadiran anda
blog ini tidak ada apa apanya.
dan jika anda mempunyai
pertanyaan mengenai pembahasan diatas, silahkan ajukan pertanyaan anda pada
kolom komenter di bawah.
semoga artikel ini
bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk mengshare ke teman anda dan terus
setia membaca artikel di blog ini
bye :)
Lengkap sekali penjelasanya, sangat berguna buat newbi seperti saya ini
ReplyDeleteTerimakasih Atas Pujiannya Mas Mawon.
Deletejangan lupa untuk tetap belajar ngeblog ya
Saya hanya blogger User, pengguna saja model model Artikel ini yang kita cari buat pemula.....Trims Artikelnya
ReplyDeleteEnak buat di baca, artikel rapi+iklan gak sliweran nice laj kuy:v
ReplyDelete