-->

SEO On Page Dan SEO Off Page


SEO On Page Dan SEO Off Page

seo on page dan seo off page – pasti anda pernah mendengar istilah seo ( Search Engine Optimation ),

seo adalah cara untuk mengoptimalkan visibilitas blog dimata search engine dengan tujuan untuk menaikkan traffic dan page ranking blog tersebut.

Secara umum optimasi seo dikelompokkan menjadi 2 yaitu : seo on page dan seo off page
keduanya memiliki perbedaan dan cara penerapan yang jauh berbeda.

Kali ini saya akan mengulas secara rinci mengenai seo on page dan seo off page sebagai berikut :


Seo On Page


Seperti istilahnya, SEO on page merupakan nilai kualitas SEO yang berasal dari blog  itu sendiri.

Saat mengevaluasi sebuah situs, mesin pencari akan melihat dari on page ( hal-hal mengenai blog Anda ) dan off page ( seberapa populer blog Anda ).

Sederhananya, kategori peringkat Anda ditentukan oleh faktor on page dan seberapa tinggi 
peringkat Anda dalam mesin pencari ditentukan oleh faktor off page.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi kualitas seo on page dimata google , antara lain :

1. Url Domain

Url adalah element yang paling mendasar dalam membuat suatu blog.
sebelum membuat sebuah blog penting untuk menganalisa terlebih dahulu blog yang akan dibangun. Kemudian tujuan blog harus sudah jelas arahnya sesuai dengan URL Domain yang telah ditetapkan.
url juga berperan penting dalam peningkatan keyword, perlu diperhatikan url yang baik adalah url sesuai dengan target keyword, jika sudah sesuai dengan target keyword maka anda sudah siap untuk berkompetisi dengan lebih mudah pada keyword tersebut.
Hindari untuk menggunakan domain dengan tanda Hyphens( - ) dan hindari penggunaan angka di dalam URL Domain.
Salah satu contoh, blog ini memiliki URL Domain ngeeweb.id, maka secara tidak langsung saya sudah ikut berkompetisi dalam membangun atau meningkatkan keyword : ngee, web, dan ngeeweb.

2. Judul blog


Judul blog dapat menjadi tempat terbaik untuk menempatkan kata kunci untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin pencarian.
Jika anda menginginkan blog yang mudah ditemukan dan sesuai dengan relevansi artikel anda, maka buatlah judul blog sesuai dengan niche artikel.
Contohnya jika anda ingin membuat blog dengan niche download lagu maka buatlah blog dengan judul download lagu atau kumpulan lagu, dengan begitu blog anda akan lebih mudah berkompetisi dengan web lain dengan niche yang sama.
namun judul  blog tidak harus panjang seperti artikel yang dibahas, anda bisa juga menggunakan judul blog yang tidak sesuai, namun anda harus kuat dari sisi optimasi seo yang lain
3Template
blog yang bagus haruslah menggunakan template yang bagus pula, penggunaan template yang bagus dan seo friendly akan meningkatkan kualitas suatu webiste dimata google selain itu template yang bagus juga akan mendatangkan kenyamanan kepada pengunjung agar tetap betah membaca artikel di blog anda.
perlu diperhatikan penggunaan template haruslah sesuai dengan niche blog artikel itu sendiri, template yang bagus haruslah mengedepankan kenyamanan para pengunjungnya dengan tidak menggunakan tulisan dan latar tulisan yang tidak sesuai di mata pembacanya.
ada beberapa faktor yang menjadi pendukung kualitas seo open page pada template, diantaranya :
  • Meta Tag

meta tag berfungsi untuk memberikan informasi penting mengenai blog anda yang akan membantu mempermudah robot search engine untuk menganalisa semua atau seluruh konten atau artikel dalam sebuah blog, sehingga proses Crawling dan index ke mesin pencari jadi lebih cepat.

ada beberapa macam meta tag,  antara lain :
meta tag description, meta tag keyword, meta tag robots, meta content Type, meta league, tag geo placename, meta author dan lain lain.



  • Responsive

Maksudnya adalah templete tersebut mampu menyesuaikan tampilannya terhadap  banyak  ukuran layar. jadi baik dilihat dari layar desktop maupun dari layar smartphone tampilan blog anda akan tetap bagus.
 Google sudah menerapkan alogaritma mobilegeddon, maksudnya tampilan yang mobilefriendly akan lebih di utamakan di hasil pencarian jika di akses melalui browser mobile.
 melihat fakta bahwa jaman sekarang orang yang mengakses internet dari smartphonelebih banyak daripada komputer maka saya rasa tampilan template responsive ini wajibhukumnya.
  • Tag Heading H1 - H3

Search Engine akan membaca halaman blog secara keseluruhan dimulai dari kiri atas sampai kanan bawah. Maka dari itu penting untuk menempatkan Tag H1 pada kalimat pertama pada konten blog.

 Penggunaan H1 ( heading utama ) tidak boleh berlebihan, satu halaman cuma boleh mengandung satu tag H1 saja. kenapa ? Karena Mesin Pencari membaca H1 sebagai judul. apa yang di tulis di dalam tag tersebut akan dianggap yang paling mencolok dari keseluruhan artikel.

selain H1 penting juga untuk menempatkan H2 dan H3 pada konten yang berada pada halaman tersebut. Seperti contoh blog ini menempatkan H1 pada Tag Judul dan H2 pada Tag Judul Widget, atau pada Subheading.

  • Kecepatan Loading

Kecepatan suatu blog mempengaruhi kenyamanan pengunjung, blog yang memiliki Loading yang lama akan membuat para calon pengunjungnya lari dan akan lebih memilih blog yang memiliki loading yang lebih cepat, kecuali artikel anda benar benar spesial.

Biasanya kecepatan suatu blog berbanding terbaling dengan keindahan blog, karena Penggunaan java script dan css yang berlebihan ( untuk mempercantik tampilan  blog ) akan Membuat blog anda semakin lambat.

Namun ada cukup banyak juga template yang tampilannya indah tapi tetap ringan dan cepat loading page nya. Yang penting anda harus pintar pintar memilih template yang cocok dengan blog anda dan yang pasti seo friendly.

4Deskripsi blog

Penggunaan deskripsi pada suatu blog sangatlah penting, selain untuk memberikan gambaran mengenai blog sehingga pengunjung dapat mengetahui dengan pasti isi dan konten yang ada dalam blog, deskripsi pula dapat juga menjadi media yang baik untuk menempatkan keyword untuk berkompetisi.
Namun perlu diingin penggunaan keyword pada deskripsi tidak boleh berlebihan, selain akan dianggap sebagai spam oleh search engine, deskripsi yang mengandung keyword yang berlebihan akan membuat bingung para pembacanya
Deskripsi yang bagus haruslah sesuai dengan isi atau pembahasan blognya, anda dapat menggunakan keyword asalkan keyword yang anda masukkan relavan dengan blog anda
Dengan kata lain sesuai dengan apa yang anda bahas dalam blog tersebut.
5Internal Link
Seperti namanya internal link merupakan link yang mengarah ke artikel lain namun masih mengarah ke blog yang sama. Internal link sangatlah penting dikarenakan Internal Link
dapat membantu Search Engine menjelajahi seluruh halaman artikel dan membaca seluruh struktur blog anda. Struktur rapih membuat semua artikel anda akan terindeks dengan baik di Search Engine.
Namun perlu dipungkiri pengunaan internal link haruslah tepat, tidak berlebihan dan mengarah ke artikel yang relavan ( terkait ), internal link yang tidak relavan hanya akan menjadi bumerang bagi anda karna akan dianggap sebagai spam.
Selain itu internal link juga berguna untuk menurunkan Bounce Rate suatu blog.
Bounce rate adalah besar kecilnya persentase pengunjung yang hanya membuka satu halaman pada sebuah situs.
Dengan kata lain Jika pengunjung datang ke sebuah halaman artikel lalu tidak melakukan aktifitas apa apa lagi setelahnya, maka google akan menghitung dan menambahkan kunjungan tadi sebagai ratio pentalan ( Bounce Rate ).
Bounce Rate yang tinggi akan membuat artikel suatu blog akan di disingkirkan dari hasil pencarian. Semakin kecil nilai bounce rate maka semakin besar tingkat kepercayaan mesin pencari terhadap blog anda, sehingga secara otomatis dapat mempengaruhi seo suatu blog.
Maka dari itu internal link seperti artikel terkait , baca juga pada suatu artikel dapat meningkatkan kualitas seo on page suatu webiste asalkan internal link tersebut relavan atau artikel yang dituju sesuai dengan topik artikel yang bersangkutan
6Sitemap
merupakan link yang berisikan data tautan seluruh halaman yang ada di dalam blog.
selain untuk memberikan kemudahan bagi user untuk dapat mencari artikel yang diinginkan dengan mudah. Sitemap sangat berguna sebagai media dalam memberikan kemudahan Search Engine untuk mengindex setiap halaman blog.
7. Accelerated Mobile Pages ( AMP )
Amp Adalah salah satu dari sekian banyak projek yang dijalankan oleh Google, dirilis pada tanggal 24 Februari 2016 dengan tujuan mempercepat kinerja suatu blog agar dapat menampilkan setiap data dengan cepat.
Meskipun baru dirilis namun efektivitas dengan adanya AMP membuat berbagai blog berlomba mengupdate koding blog sesuai dengan standar AMP. Banyak sekali para SEO yang belum mempercayai efek apabila blognya menggunakan AMP dapat meningkatkan ranking di Search Engine Google.
Namun hal ini bisa saja terjadi, karena AMP bukan saja dirancang untuk User Interface + Loading saja tanpa ada efek ke SEO sebuah blog yang menggunakannya.

Seo Off Page

Kalau seo on page adalah nilai kualitas seo dari dalam blog, kalau begitu seo off page adalah kebalikan dari seo on page atau dengan kata lain nilai kulaitas seo dari luar blog atau mengacu pada faktor faktor yang tidak berhubungan dengan halaman blog Anda.

maksud dari kualitas seo dari luar blog adalah seberapa terkenalnya blog anda. Baik di forum, sosial media dan layanan situs lainnya.

lantas apa apakah yang menjadi penentu tingginya kualitas seo off page suatu artikel,  silahkan simak poin poinnya dibawah berikut :
1. Backlink
Backlink merupakan salah satu SEO Off Page yang berpengaruh ke tingkatan PR ( Page Rank ), dan peningkatan kata kunci yang diinginkan.
Pastikan backlink yang akan anda bangun haruslah baik dan bukan Spamming, karena bila blog anda melanggar ketentuan yang ada membuat blog anda akan terkena pinalti oleh Search Engine ( Olgoritma - Google Penguin ).
Ada beberapa cara membuat suatu backlink, antara lain :
Pyramid, Dummy Blog, Otomatis, Social Bookmark, Edu - Gov, Web 2.0, Forum, Blog To Web ( 1 arah ), Blog To Blog ( 2 arah ), Blog Walking, Review, Web Directory, Submitter, Iklan, dan cara lainnya yang sesuai dengan analisa dan perhitungan yang telah dibuat.
Perlu anda ingat Link dari blog populer tidak akan sama nilainya dengan link dari blog pemula. 1 backlink yang berkualitas akan lebih disukai oleh google dan seacrh engine lainnya daripada 1000 backlink dari situs yang tidak jelas, backlink yang disukai oleh google adalah backlink yang datang dari :
blog dengan domain .edu atau .gov, blog yang sudah ada sejak lama, blog yang sesuai dengan topik konten Anda, dan Authority blog yang merupakan blog besar yang selalu muncul berdasarkan keyword Anda.
Selain itu ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas suatu backlink dimata google, diantaranya :
  • Anchor Text

Anchor text merupakan teks yang dijadikan hyperlink. Dalam meangaplikasikan off-page
SEO, ada baiknya Anda memberi keyword yang sesuai untuk link tersebut yang membantu mesin pencari untuk mengidentifikasi mengenai blog Anda dan mengetahui keyword yang akan diberi peringkat.

Pastikan anchor text yang digunakan menggambarkan isi konten dari link yang diberikan. Gunakan juga anchor text yang bervariasi yang lebih disukai oleh algoritma terbaru dari Google.

  • Inbound Link

Dalam menaikkan peringkat blog Anda di mesin pencari, biasanya adalah dengan melihat banyaknya link yang ditujukan ke blog Anda.

Penggunaan hyperlink yang ditujukan ke blog Anda dihitung sebagai suara dukungan bagi blog Anda. Semakin banyak link menuju blog Anda, semakin banyak suara dukungan Anda di mata Google dan beberapa mesin pencari lainnya.
Ada baiknya pula jika link tersebut berasal dari berbagai domain berbeda.

2. Sosial Media

Seperti yang anda ketahui sekarang, di era serba cangih dan mudah ini hampir semua orang telah menggunakan sosial media baik sebagai media bersosialisasi maupun bersenang senang.
Namun di samping itu anda juga dapat menggunakan sosial media sebagai sarana untuk melakukan promosi yang baik karna seperti yang anda ketahui hampir semua orang tak luput dari penggunaan sosial media setiap harinya, baik itu facebook, instagram, twiter dan sosial media lainnya
Meskipun link yang Anda temukan di social media biasanya adalah no - follow links, bukan berarti link tersebut tidak berharga. Mempromosikan brand Anda di jejaring sosial dapat membantu menaikkan traffic yang cukup signifikan.
Fokuslah pada beberapa sosial media yang sesuai dengan bisnis Anda sehingga Anda bisa berkonsentrasi dengan pengikut Anda di sosial media tersebut.
3.  Local Seo
Istilah local seo mulai dikenal semenjak google merilis sebuah algoritma bernama google possum pada tahun 2016, dengan adanya algoitma ini google memastikan hasil pencarian lokal lebih bervariasi tergantung pada lokasi pencarian.
Contohnya: Lokasi anda berada di Yogyakarta, kemudian anda mengetikkan kueri “Kontrakan Murah” pada google, maka google secara otomatis akan memberikan hasil pencarian kontrakan murah yang berada di wilayah Yogyakarta.
Dan untuk anda yang ingin menggunakan Local SEO, gunakan Google Places for Business Page dan lengkapi semua informasi yang dibutuhkan serta sinkronisasi dengan akun Google+ Anda.
4. Blog Walking ( Bw )
Seperti namanya,  blog walking adalah jalan jalan atau mengunjungi blog orang lain, namun bukan tanpa tujuan atau hanya melihat lihat blog tersebut melainkan anda mengunjungi blog lain untuk mempromosikan blog anda sendiri pada kolom komentarnya.
Dengan tujuan untuk mendapatkan trafik dari pengunjung blog tersebut yang melihat blog anda pada kolom komentarnya.
Selain itu url yang anda berikan pada komentar blog lain, akan dihitung sebagai backling oleh google.
5.  Lainnya ...
Selain 4 cara diatas, terdapat beberapa cara lainnya untuk meningkatkan seo off page suatu blog. Namun perlu anda ingat setelah google melakukan update pada algoritmanya cara ini tak akan memberikan hasil yang optimal pada seo off page anda ( Metode Kuno ).
Meskipun begitu, tak ada salahnya anda mecobanya agar seo off page anda semakin lengkap dan optimal
Adapun cara yang saya maksudkan adalah :
  • Mendaftarkan blog ke blog directory atau bertukar link sesama blog.
  • Membuat Dummy blog, agar anda bisa dengan leluasa menempatkan link yang tertuju ke blog anda dalam sebuah artikel.
  • Mendaftarkan blog anda pada webmaster tools ( search engine ) dapat mempercepat Pengindexan artikel anda
  • Mengikuti forum sosial media seperti Reddit dan StumbleUpon akan memberikan hasil yang baik jika brand Anda menjadi viral, namun kesempatan ini sangat sulit untuk didapatkan.


Kesimpulan

Seperti yang kita ketahui, nilai kulalitas seo suatu blog sangatlah berpengaruh terhadap ranking di search engine. Apalagi setelah google merilis algoritma Google Pigeon pada tahun 2014 yang mempengaruhi penelusuran, dimana faktor seo yang digunakan untuk menentukan hasil di peringkat lokal.

Dan seperti pembahasan diatas, bahwa optimasi seo terbagi menjadi 2 macam yaitu seo on page dan seo off page. Keduanya sama sama penting dalam meningkatkan kualitas suatu blog di mata search engine terutama google.

Tapi manakah yang paling penting, seo on page atau seo off page ?
perlu anda ketahui seo on page dan seo off page sama sama penting dalam meningkatkan kualitas seo suatu blog, Ini bukan tentang memilih antara SEO On-page dan Off-page. Hal ini akan seperti memilih antara pondasi atau atap untuk memutuskan mana yang digunakan untuk rumah Anda.

Namun, saya menyarankan Anda untuk memperbaiki SEO On-page blog anda sebelum berfokus terlalu banyak pada SEO Off-page. Sama seperti membangun rumah, Anda harus membuat pondasi yang kuat terlebih dahulu sebelum membangun sisi-sisi rumah lainnya.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai seo on page dan seo off page yang telah saya rangkum atau tulis ulang dari beberapa sumber

dan terima kasih untuk anda yang telah setia membaca artikel ini hingga akhir, tanpa kehadiran anda blog ini tidak ada apa apanya.

dan jika anda mempunyai pertanyaan mengenai pembahasan diatas, silahkan ajukan pertanyaan anda pada kolom komenter di bawah.

semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk mengshare ke teman anda dan terus setia membaca artikel di blog ini

bye :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "SEO On Page Dan SEO Off Page"
  1. Lengkap sekali penjelasanya, sangat berguna buat newbi seperti saya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Atas Pujiannya Mas Mawon.
      jangan lupa untuk tetap belajar ngeblog ya

      Delete
  2. Saya hanya blogger User, pengguna saja model model Artikel ini yang kita cari buat pemula.....Trims Artikelnya

    ReplyDelete
  3. Enak buat di baca, artikel rapi+iklan gak sliweran nice laj kuy:v

    ReplyDelete

Jika Ada Yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel Ini Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Dibawah, Atau Dengan Menghubungi Kami Pada Halaman Contact.

1. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel