-->

Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas Dengan Blogwalking


Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas Dengan Blogwalking

blogwalking merupakan tradisi para blogger dimana mereka mengunjungi suatu blog dan memberikan komentar didalamnya yang bertujuan untuk mempererat persudaraan antar sesama blogger.

selain untuk mempererat persaudaraan antar sesama blogger, ternyata ada banyak hal yang bisa kita dapatkan dari kegiatan blogwalking tersebut, salah satunya yaitu untuk mendapatkan backlink dari situs yang kita komentari.

meskipun kini cara tersebut sudah jangan digunakan, namun cara tersebut terbukti masih efektif untuk meningkatkan kualitas seo off page serta nilai pa dan da suatu blog.

selain itu metode ini dianggap salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan karna hanya mengomentari postingan suatu blog.

namun, meskipun mudah untuk dilakukan ternyata ada beberapa faktor yang perlu anda perhatikan untuk mendapatkan backlink berkualitas dengan cara blogwalking.

jika anda penasaran dan ingin mencobanya silahkan simak tutorial berikut

Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas Dengan Blogwalking


pertama tama sebelum anda memutuskan membuat backlink dengan cara ini, anda harus memikirkan betul betul apakah blog anda telah siap untuk mendapatkan backlink atau tidak.

mengapa saya katakan begitu,karna jangan sampai blog anda berumur kurang dari 2 bulan dan hanya memiliki sedikit artikel bahkan tidak sama sekali.

karna jika blog anda masih baru dan memiliki artikel yang sedikit, tentu saja ini tidak akan terlihat alami dan bisa jadi blog anda malah akan dibenci oleh google karna mengira anda melakukan spam.

oleh karna itu pastikan anda anda memperhatikan hal hal berikut ini sebelum membangun sebuah backlink

1. Usia Dan Jumlah Artikel Blog


hal yang pertama harus anda perhatikan yaitu usia dan jumlah artikel blog anda. karna dengan usia yang masih baru dan jumlah artikel yang masih sedikit, sangatlah mustahil untuk mendapatkan backlink ( pikirannya google :v ) kecuali jika menggunakan taktik yang licik.

oleh karna itu untuk tetap menjaga reputasi blog anda di mata google dan agar backlink yang anda dapatkan terlihat lebih alami atau natural pastikan blog anda sudah memiliki usia dan jumlah artikel yang cukup, minimal usia 1 bulan dengan artikel di atas 10.

karna boleh jujur saya pertama kali membangun backlink blog ini di mulai saat blog ini berusia 1 bulan dengan jumlah artikel 20++, cukup menyakinkan bukan :)

2. Jangan Terlalu Sering Menanamkan Backlink


jika anda membangun backlink dengan cara membabi buta, misal 10 backlink perhari bahkan lebih dari itu maka tidak menutup kemungkinan blog anda akan memicu webspam google yang berakibat pada penurunan ranking artikel anda bahkan tidak menutup kemungkinan artikel anda akan di deindex oleh google.

menurut saya 1 backlink perminggu sudah lebih dari cukup untuk meningkatkan kualitas seo blog anda.

Ciri Ciri Sumber Backlink Yang Berkualitas


setelah anda mengetahui hal hal yang perlu anda perhatikan sebelum membangun sebuah backlink langkah selanjutnya yaitu menentukan blog yang pantas sebagai sumber backlink anda.

seperti yang anda ketahui backlink yang berkualitas berasal dari situs situs yang berkualitas. 
nah maka dari itu anda harus pintar pintar menentukan situs situs yang berkualitas sebagai sumber backlink anda.

ada beberapa faktor yang menentukan situs tersebut berkualitas atau tidak, salah satunya yaitu :

1. memiliki pa dan da yang tinggi


blog dengan nilai pa dan da yang tinggi umumnya mendapatkan kepercayaan dan perlakuaan khusus dari google, oleh karnanya itu pastikan anda menjadikan blog yang memiliki pa dan da yang tinggi sebagai sumber backlink blog anda.

Baca juga Cara mengetahui nilai pa dan da suatu blog 

2. bukan blog yang memiliki reputasi yang buruk di mata google ( blog spam )


backlink yang berkualitas pastinya bukan berasal dari blog yang memiliki reputasi yang buruk di mata google atau dengan kata lain bukan blog spam.

karna jangan sampai blog anda mendapatkan reputasi yang buruk di mata google karna memiliki backlink yang berasal dari blog yang memiliki reputasi yang buruk.

nah untuk mengetahui apakah situs tersebut memiliki reputasi yang buruk atau tidak anda dapat melihat dari isi artikel dan komentar situs tersebut, apakah menandung link yang mengarah ke situs berbahaya seperti v*kep atau phishing.

dan untuk mempermudah anda dapat menggunakan tools google transparency report untuk mengetahui status blog tersebut.

3. terkenal dan memiliki pengunjung yang banyak


blog yang berkualitas pastinya adalah blog blog yang telah cukup populer dan memiliki pengunjung yang banyak dikarenakan beberapa faktor, salah satunya yaitu karna memiliki konten yang berkualitas.

selain itu tak menutup kemungkinan anda akan mendapatkan pengunjung jika visitor blog tersebut mengklick tautan ( backlink ) yang anda tanam disana.

4. blog yang masih aktif


salah satu faktor lainnya yang yang mempengaruhi kualitas suatu blog yaitu blog masih aktif atau dalam artian up to date.

karna di jaman seperti saat ini jika anda meninggalkan blog anda walau hanya 1 minggu maka blog anda akan tertinggal jauh dikarenakan persaingan sudah sangat ketat.

istilahnya siapa yang update dia yang diatas ( rank one ) :v

nah jika anda sudah tau blog mana saja yang pantas sebagai sumber backlink, langkah selanjutnya yaitu menanamkan backlink di blog tersebut.

Cara Menanam Backlink Di Komentar Blog


nah untuk menamkan suatu backlink di suatu blog dengan cara ini, maka anda harus memastikan terlebih dahulu apakah blog tersebut dapat dikomentari atau tidak.

karna dibeberapa kasus ketika saya hendak menanamkan backlink di suatu situs ternyata tidak disediakan kolom untuk berkomentar, nah maka dari itu silahkan cek baik baik situs tersebut terlebih dahulu.

selain itu cara ini hanya dapat digunakan untuk blog yang menggunakan sistem komentar google plus dan disqus.

jika semuanya sudah oke, silahkan berkomentar di blog tersebut menggunakan kalimat yang relavan dan jangan lupa untuk menanamkan link blog anda pada komentar yang anda kirimkan. contohnya :

wah artikelnya sangat bermanfaat

jangan lupa baca URL ARTIKEL / jangan lupa kunjungi URL BLOG

Nah untuk meningkatkan kualitas dari backlink anda sekaligus agar memiliki tampilan yang lebih menarik silahkan gunakan script berikut ini

<a href="https://url-anda.com/ title="anchor text" rel="nofollow/dofollow">Anchor Text</a>

Catatan : 

Ubah https://url-anda.com/ menjadi url blog anda / artikel anda
dan ubah kalimat anchor text menjadi judul blog anda atau judul artikel anda 
dan pilih backlink jenis apa yang anda inginkan nofollow atau dofollow

sehingga tampilannya kurang lebih seperti ini

wah artikelnya sangat bermanfaat

jangan lupa kunjungi <a href="https://www.b-ngeblog.com/ title="Belajar Ngeblog" rel="dofollow">Belajar Ngeblog</a>

Perlu anda ketahui untuk menghindari kecurigaan dari pihak google ( agar tidak dikira spam ) anda harus membuat anchor text yang bervariasi di setiap backlink yang anda buat.

dan juga anda harus memperhatikan rasio jenis backlink yang tertanam di blog anda,
untuk hasil yang lebih optimal saya sarankan menggunakan 70% Dofoollow : 30% Nofollow.


demikianlah Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas Dengan Blogwalking yang bisa saya bagikan, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas Dengan Blogwalking"
  1. Akhirnya saya tau caranya backlink, trimakasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas.
      saya turut berbahagia karna artikel saya dapat bermanfaat bagi anda

      Delete

Jika Ada Yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel Ini Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Dibawah, Atau Dengan Menghubungi Kami Pada Halaman Contact.

1. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel