-->

Penjelasan Lengkap Mengenai Backlink ( Up To Date )


Penjelasan Lengkap Mengenai Backlink ( Up To Date )

Penjelasan Lengkap Mengenai Backlink - Mungkin anda sudah membaca banyak sekali artikel yang membahas mengenai topik yang satu ini dan mungkin saja anda juga sudah bosan untuk membaca artikel artikel mengenai backlink yang pembahasannya itu itu melulu.

Nah untuk itulah saya menulis artikel ini, artikel ini saya buat untuk anda yang ingin mempelajari atau mencari referensi mengenai backlink, dan yang pastinya up to date, dan sangat cocok buat anda yang baru belajar mengoptimalkan seo blog anda.

Tapi perlu anda ketahui artikel ini saya tulis dari berbagai referensi di blog blog lain, jadi jika anda merasa sudah pernah membacanya atau ada kesamaan kata mohon di maafkaan.

Oky langsung saja

Pendahuluan


Sebelumnya telah dibahas pada artikel seo on page dan seo off page, bahwa backlink merupakan salah satu dari sekian banyak faktor pendukung yang dapat meningkatkan kualitas seo off page suatu website.

Dengan begitu backlink dapat mempengaruhi peringkat pencaharian blog anda pada search engine, seperti google.

Begitu banyak cara untuk mendapatkan backlink, namun dengan seiring berkembangnya jaman , google telah pintar pintarnya mengupdate algoritma penulusurannya untuk memberikan hasil penulusuran yang paling relavan kepada para penggunanya.

Salah satunya yaitu algoritma google panda , dimana algoritma ini akan menyingkirkan website website yang diaggap Spam atau yang memiliki backlink yang tidak relevan serta link dengan teks anchor yang terlalu dioptimalkan dari hasil pencarian teratas.

Yang mengakibatkan banyaknya blog yang kena pinalti serta deindex pada waktu awal peluncuran algortima ini.

Namun apakah anda sudah tau apakah itu backlink ?

Pengertian Backlink


baiklah sebelum membahas  lebih mendalam mengenai topik ini, pertama tama saya harus memastikan anda telah mengetahui pengertian dari backlink itu sendiri.

backlink adalah link atau tautan di situs lain yang menuju ke website ada.
semakin banyak link yang mengarah ke situs anda maka semakin banyak backlink yang akan anda dapatkan.

Fungsi Backlink 


Dari tadi kita membahas backlink dan backlink, tapi apakah anda tau apasih sebenarnya fungsi backlink itu sendiri ?

ada beberapa fungsi atau manfaat yang kita dapatkan dari backlink, antara lain :

Dapat meningkatkan nilai DA dan PA


seperti yang kita ketahui setelah google menghapus PR ( Page Rank ), maka orang orang menjadikan nilai DA dan PA sebagai patokan untuk mengukur kualitas suatu blog.

dan salah satu cara meningkatkan nilai DA dan PA suatu blog yaitu dengan menggunakan backlink.

Karena, backlink merupakan salah satu indikator kalau blog tersebut dapat dipercaya. 

Ini hal wajar sebab tidak mungkin kalau kita merekomendasikan sesuatu terhadap orang lain kalau hal tersebut berkualitas buruk. 

Demikian pula dengan pola pikir robot mesin pencari saat ini.

sebagai contoh silahkan lihat gambar berikut :

Penjelasan Lengkap Mengenai Backlink ( Up To Date )

blog yang memiliki banyak backlink atau tautan external memiliki Nilai DA dan PA yang lebih tinggi dari pada blog yang tidak memiliki backlink sama sekali.

Memperkuat posisi blog di SERP 


SERP atau Search Engine Result Page, yaitu halaman hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari.

dengan memiliki backlink posisi artikel kita pada hasil pencarian akan semakin kokoh dalam artian sulit untuk di geser oleh blog lain. 

Namun bukan berarti kita harus memiliki banyak backlink untuk menduduki halaman utama. 

Karena kenyataannya sering kali di temukan artikel yang hanya memiliki satu buah backlink atau tidak sama sekali dapat menduduki peringkat no 1 di google.

Dapat meningkatkan trafik pengunjung blog


tautan yang mengarah ke situs anda akan mengundang labih banyak orang untuk mengunjungi situs anda, apalagi backlink yang anda dapatkan itu dari situs situs yang terkenal dan memiliki niche atau topik yang sama dengan blog anda, sehingga pengunjung dari situs tersebut akan mengunjungi situs anda melalui perantara backlink.

selain dari situs lain, media sosial juga dapat dijadikan  senjata untuk menarik pengunjung ke blog anda, meskipun rata rata backlink di media sosial bersifat no-follow tapi bukan berati tidak berguna sama sekali.

seperti yang anda liat banyak orang yang menggunakan media sosial untuk mempromosikan blog / website mereka untuk menarik lebih banyak lagi orang mengunjungi situsnya.

dan masih banyak lagi fungsi lainnya...

Macam Macam Backlink


backlink umumnya terbagi menjadi 2 macam yaitu : Backlink Dofollow dan Backlink Nofollow.

Backlink Dofollow


Backlink Dofollow adalah jenis backlink yang memukinkan robot crawl seperti google dapat mengikuti dan mengindex tautan tersebut.

penggunaan backlink jenis ini sangat berperan penting dalam pembentukan kualitas seo off page suatu blog karna google secara resmi hanya menganggap backlink dofollow sebagai backlink pokok suatu blog, sehingga itulah mengapa backlink jenis yang satu ini banyak di incar oleh para blogger.


Backlink Nofollow


Sesuai dengan namanya, nofollow berarti tidak mengikuti. Jadi Backlink nofollow adalah jenis backlink yang tidak dapat diikuti dan diindex oleh robot crawl seperti google.

Ciri Ciri Backlink Berkualitas


perlu anda ketahui backlink juga memiliki kualitas yang berbeda beda, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas suatu backlink dimata google, diantaranya :

Anchor Text 


Anchor text merupakan teks yang dijadikan hyperlink ( Pembuatan Backlink ), pengunaan anchor text yang tepat dapat meningkatkan page rank artikel anda sesuai anchor text yang di berikan.

Pastikan anchor text yang digunakan menggambarkan isi konten dari link yang diberikan dan jangan sekali kali menggunakan anchor text seperti Disini, Klick Disini, Dan Lain Lain.

Selain itu jangan lupa menggunakan anchor text yang bervariasi yang agar lebih disukai oleh algoritma terbaru dari Google.

High PA DA 


situs yang memiliki pa dan da yang tinggi merupakan situs yang sangat dipercayai oleh google, umumnya situs situs tersebut telah berusia sangat lama dan telah dikenal baik oleh google dikarenakan memiliki trafik yang cukup banyak.

maka dari itu backlink yang berasal dari situs yang memiliki pa dan da yang tinggi tentunya mempunyai kualitas yang lebih bagus dari pada situs yang memiliki pa dan da yang rendah.

Relavan


Selain 2 ciri ciri diatas, relavan merupakan faktor yang paling penting untuk meningkatkan kualitas suatu backlink.

backlink yang berasal dari situs yang memiliki topik yang sama merupakan backlink yang sangat bagus dan berkualitas karna link jenis ini terlihat lebih natural bagi search engine.

selain itu dari segi user experience ( UX ),  Backlink dari situs yang relavan tidak mengganggu visitor, bahkan tak menutup kemungkinan blog anda akan mendapatkan visitor / pengunjung dari Situs yang memberikan anda backlink.

One Way Link 


pasti sering kali anda mendengar yang namanya tukaran link atau two way link, berbeda dengan two way link, one way link merupakan backlink yang kita dapatkan dari suatu blog tanpa harus memberikan backlink yang mengarah ke blog tersebut.

sehingga backlink jenis ini meruapakan backlink yang berkualitas karna kita akan mendapatkan backlink (+) tanpa memberikan backlink (-). 

dan tentu saja backlink jenis ini lebih disukai oleh google.

Blog Terkenal Dan Memiliki Trafik Yang Tinggi


backlink yang berasal dari blog blog yang telah mempunyai reputasi dan trafik yang tinggi akan lebih bermanfaat untuk blog anda karna tak menutup kemungkinan visitor blog tersebut akan mengklick tautan atau backlink anda sehingga blog anda akan mendapatkan pengunjung yang lebih banyak lagi.

selain itu google lebih menyukai backlink dari blog blog yang terkenal karna lebih dikenal oleh google dan pastinya memiliki nilai pa dan da yang tinggi.

Dofollow


perlu anda ketahui kualitas backlink dofollow lebih bagus daripada backlink nofollow, karna kini google lebih memproritaskan backlink dofollow dari pada nofollow.

namun anda juga tidak boleh mengabaikan backlink nofollow, karna meskipun backlink jenis ini memiliki kualitas yang lebih rendah, namun anda tetap memerlukan backlink nofollow agar terjadinya keseimbangan antara jumlah backlink dofollow dan nofollow sehingga blog anda tidak akan dikira blog spam oleh google hanya karna memiliki backlink dofollow yang terlalu banyak.

Cara Mendapatkan Backlink Yang Berkualitas


ada banyak cara mendapatkan backlink yang berkualitas, salah satunya :

Forum


hingga saat ini forum masih menjadi media terbaik untuk menamkan backlink. dikarenaka forum forum biasanya memiliki pa dan da yang cukup tinggi.

Baca Juga 
Pengalaman Saya Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Dari Situs Kaskus.co.id

Blog Zombie


meski sudah agak efektif lagi, namun masih banyak di luar sana orang orang yang memanfaat kan blog blog yang sudah mati ( blog zombie ) untuk menamkan backlink mereka karna blog zombie umumnya memiliki pa dan da yang cukup tinggi.

Blog Walking


blog walking merupakan salah satu tradisi para blogger dimana mereka mengunjungi suatu arikel dan memberikan komentar yang relavan terhadap artikel tersebut.

selain itu banyak di antara mereka juga menamkan link pada komentar tersebut untuk mendapatkan backlink.

cara ini masih sering dilakukan, bahkan oleh saya sendiri
karna dianggap sangatlah mudah, yaitu hanya dengan mengomentari artikel blog lain.

Baca Juga Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas Dengan Cara Blog Walking

dan masih banyak lagi cara lainnya untuk mendapatkan suatu backlink, namun menurut saya cara cara diataslah yang lebih sering digunakan oleh para blogger karna lebih mudah, efektif.

demikianlah artikel saya yaitu : penjelasan lengkap mengenai backlink, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

bye...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penjelasan Lengkap Mengenai Backlink ( Up To Date )"

Post a Comment

Jika Ada Yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel Ini Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Dibawah, Atau Dengan Menghubungi Kami Pada Halaman Contact.

1. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel