-->

Pengertian Serta Perbedaan Page View, Visitor Dan Unique Visitor Dalam Dunia Blogging


Pengertian Serta Perbedaan Page View, Visitor Dan Unique Visitor Dalam Dunia Blogging

pada artikel kali ini saya akan menjelaskan Pengertian Serta Perbedaan Page View, Visitor Dan Unique Visitor Dalam Dunia Blogging.

seperti yang anda ketahui dalam dunia bloggin pasti anda sudah sering mendengar istilah page view, visitor maupun unique visitor.

namun sering kali orang menyalah artikan ketiga kalimat tersebut, bahkan untuk sebagian orang malah menganggap ketinganya sama padahal sebenarnya istilah page view, visitor dan unique visitor sangatlah berbeda.


Nah untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini pengertian page view, visitor dan unique visitor

Pengertian Visitor ( Jumlah pengunjung )


Visitor adalah jumlah pengunjung blog anda yang dihitung menurut ip yang digunakan.misalnya jika ada seseorang yang mengunjungi situs anda dengan alamat ip 1.2.2.2 dan 1.3.3.3 maka blog anda mendapatkan 2 visitor yaitu 1 dari ip 1.2.2.2 dan 1 dari ip 1.3.3.3.

Perlu anda ketahui setiap visitor yang pertambah pada blog anda, akan membuat jumlah page view blog anda juga bertambah, ini terjadi karna visitor tersebut membuka blog anda sehingga menambah page view ( halaman yang diliat )

Pengertian Unique Visitor ( Pengunjung Asli Blog )


Unique Visitor Atau UV adalah jumlah pengunjung asli blog dalam kurung waktu tertentu. jika visitor dapat menghasilkan 2 pageview, namun 2 visitor belum tentu dapat menghasilkan 2 unique visitor.

ini karna dalam kurung waktu tertentu sebuah blog biasanya dikunjungi oleh visitor yang sama.

contohnya jika pengunjung dengan alamat ip 1.1.1.1 mengunjungi blog ini pada hari sabtu dan hari minggu maka visitor akan dihitung 2 begitu pula dengan pageview sedangkan unique visitor akan dihitung 1. 


Data jumlah Unique Visitor ini didapatkan dengan cara mengenali alamat IP visitor. Jika sebuah blog dikunjungi beberapa kali ( lebih dari 1 kali ) oleh visitor dengan IP yang sama, Unique Visitor tetap dihitung 1 UV. 

Pengertian page view ( Jumlah Tampilan Halaman )


Berbeda dengan visitor page view adalah jumlah halaman yang dilihat visitor, dan seperti yang saya katakan sebelumnya, dimana visitor pasti menghasilkan 1 pageview namun jika visitor membuka halaman / artikel blog anda sebanyak 5 kali maka page view anda akan bertambah sebanyak 5.

Misalnya pengunjung dengan ip 1.4.4.4 membuka blog anda dan membaca 4 artikel di blog anda maka blog anda mendapatkan 1 visitor dan 5 page view ( 1 saat membuka blog + 4 tampilan artikel yang dibaca ).

setelah mengetahui pengertian dari page view dan visitor pasti anda telah menemukan perbedaan di antara keduanya, namun untuk menambah wawasan anda berikut adalah perbedaan page view dan visitor secara lengkap

Perbedaan Page View, Visitor Dan Unique Visitor


1.  Visitor Sebagai Penentu Keberhasilan Blog


Berbeda dengan page view, visitor lebih cenderung digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan blog, mengapa ?

ini karna semakin banyaknya jumlah visitor maka jumlah page view pastinya akanbertambah, sehingga dengan alasan ini lah visitor dijadikan penentu keberhasilan suatu blog.

2. Jumlah Page View Pastinya Lebih Banyak Dari Pada Visitor


Jumlah page view pasti lebih banyak dari pada visitor karna setiap visitor pasti menghasilkan page view.

Misalnya jika anda memiliki 10 visitor pasti jumlah page view anda tidaklah kurang dari 10, namun bisa lebih dari angka tersebut.

ini bisa terjadi karna setiap visitor minimal akan menambah 1 page view jika tidak mengunjungi artikel lainnya, namun berbeda jadinya jika 1 visitor membuka artikel lainnya maka jumlah page view akan bertambah sesuai jumlah artikel yang dibukanya.

3. Jumlah Unique Visitor Biasanya Lebih Sedikit Daripada Visitor


nah, kadang jumlah unique visitor lebih sedikit daripada visitor karna biasanya visitor blog mengunjungi blog sama dalam kurung waktu tertentu sehingga menghasilkan jumlah visitor sesuai jumlah kunjungannya namun jumlah unique visitor blog tersebut tetap dihitung 1.

sehingga dari data di atas dapat disimpulkan bahwa jumlah page view lebih banyak dari pada visitor, begitu pula jumlah visitor biasanya lebih banyak daripada unique visitor.


Perbedaan Page View, Visitor Dan Unique Visitor

Nah setelah mengetahui pengertian dan perbedaan page view dan visitor, lantas bagaimana cara melihat page view dan visitor blog anda ?

jika anda penasaran silahkan simak tutorial berikut ini 

Cara Mudah Melihat Page View Dan Visitor Blog


Cara Melihat Page View Blog


Jika anda menggunakan plaform blogger, silahkan login terlebih dahulu akun blogger andakemudian pada halaman dasbord klick Statistik 

maka anda dapat melihat jumlah page view blog anda, seperti pada gambar di bawah ini :


Cara Melihat Page View Blog


Cara melihat visitor blog 


Jika anda menggunakan platform blogger (blogspot), laporan yang ditampilkan dalam dashboard anda tersebut adalah page view, sedangkan untuk mengecek banyaknya visitor, anda dapat melakukannya dengan menggunakan layanan eksternal.

Untuk saat ini, cara paling populer untuk mengecek banyaknya visitor blog adalah menggunakan Histats dan Google Analytics.

Penutup

Demikianlah Artikel Mengenai  Pengertian Serta Perbedaan Page View, Visitor Dan Unique Visitor Dalam Dunia Blogging, semoga dapat bermanfaat.

dan jika anda mempunyai pertanyaan seputar artikel ini, silahkan kirimkan pertanyaan anda pada kolom komentar di bawah 

akhir kata
see you next time and happy blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Serta Perbedaan Page View, Visitor Dan Unique Visitor Dalam Dunia Blogging"

Post a Comment

Jika Ada Yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel Ini Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Dibawah, Atau Dengan Menghubungi Kami Pada Halaman Contact.

1. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel